I'm Just A Kids


Part Time Job? Kenapa Nggak!
January 22, 2010, 4:41 pm
Filed under: Something Stupid Today

Sebelumnya gw bener-bener minta maaf belakangan ini gw jarang posting di blog gw yang sudah hampir berlumut ini. Kenapa? Ya, ada hubungannya sama judul post gw kali ini. Hehe. Dan satu lagi, kali ini gw bakal sedikit menyinggung perkembangan anak muda dan fakta dari anak2 muda jaman sekarang. Ditambah dengan kondisi perekonomian tiap orang yang pastinya berbeda. Jadi kalo emang ada yang merasa tersinggung atas post gw kali ini, gw bener2 minta maaf. Ini cuma curhat gw, seorang anak muda yang belajar hidup mandiri. Ingin menyamakan derajatnya dengan anak2 seumuran gw, tapi dengan usaha dan keringat gw sendiri. Tanpa menyusahkan orangtua tentunya. Tapi tetep lah, orangtua gw juga ngasih pesangon (itu wajib!). Yang gw maksud itu adalah, uang sampingan ato tambahan dari kerja sampingan ato yang biasa dikenal dengan Part Time Job!


Oke, sebelumnya gw pengen sedikit ngebahas masalah cerita yang gw denger dari temen gw. Ini tentang anak muda yang seumuran sama gw. Gw juga masih belum tau pasti ini cerita real, atau cuma hoax.. Begini.. Anggaplah seorang pemuda itu bernama Andi. Dilihat dari latar belakang perekonomian keluarganya yang bisa di bilang Di bawah standar, si Andi ini kerap memaksa orangtuanya untuk menuruti dan membelikan apa yang ia inginkan demi menyetarakan derajatnya dengan teman-temannya yang lain yang ekonominya jauh di atas si Andi ini. Mulai dari motor ia minta belikan sama orangtuanya. Dan yang terakhir saya dengar ialah si Andi ini minta di belikan BB alias Blackberry kepada orangtuanya. Sampai akhirnya orangtuanya meminjam uang kesana kemari demi memenuhi keinginan anak satu2nya yaitu si Andi. Ironis? Memang itu kenyataannya. Contoh si andi ini menjelaskan bahwa pergaulan anak muda jaman sekarang itu jauh lebih memakan biaya. Kalo orangtuanya mampu sih, fine2 aja.. But! Kalo orangtuanya yang biasa2 aja alias ekonomi nya di bawah standar, apa harus tiap orangtua melakukan hal yang sama dengan orangtuanya si Andi?

Gw? Kepengen hal2 kya apa yang di miliki sama anak2 muda jaman sekarang? BB di tangan, kunci mobil di kantong, kacamata hitam lengkap dengan sebatang rokok di sela bibirnya.. Jujur aja sebagai anak muda yang normal, gw kepengen hal kya gitu. Tapi gw sadar. Gw gak mungkin nuntut hal2 semacam itu ke orangtua gw.. Dan gw tau, orangtua gw bukannya pelit ataupun gak mampu untuk beliin gw hal2 semacam itu biarpun emang kondisi ekonomi keluar gw juga gak bisa di bilang Tinggi, ataupun rendah, jadi ya standar2 aja lah dan kami bersyukur.. Gw tau kalo orangtua gw lebih mikirin masa depan gw ketimbang ngebeliin hal2 semacam itu. For example, biaya kuliah gw.. Pasti orangtua gw lebih mikirin ke biaya kuliah gw di banding beliin gw Mobil. Toh, dengan motor juga gw bisa kemana aja kok. Biarpun kadang gw harus keujanan. Haha. Dan gw rasa, cara didik orangtua gw itu udah paling bener. Gak ngajarin anaknya untuk bermanja2 dan menuruti segala macem yang gw pengenin. Dan gw bangga punya orangtua kya mereka..

So, apa yang harus gw lakukan supaya gw bisa menyetarakan derajat gw dengan anak2 muda yang seumuran dengan gw sedangkan gw gak mungkin minta hal2 tsb ke orangtua gw? Jawabannya simpel aja sebenernya.. Gw mesti kerja.. Cari uang, di tabung, dan beli apa aja yang gw pengenin.. Bukan ngerengek depan ortu demi suatu barang yang harganya mahal itu, dan memaksa mereka untuk membelikannya. Itu akan merusak pola pikir anak muda jaman sekarang. Yang perlu diingat ialah Hidup ini tidak semudah yang kita lihat. Apa maksud dari kalimat tsb? Kita sebagai anak memang berhak menuntut segala macam kebutuhan yang kita butuhkan kepada orangtua kita. Mau harganya semahal apapun kalo itu emang berguna dan prioritasnya penting, orangtua juga harus memenuhi kebutuhan kita. Tapi apa pernah kita berfikir sedikit tentang Susahnya mencari uang? Pernah terlintas di benak lo kalo yang namanya cari kerja itu susah? Kemana lo bakal pergi setelah lo lulus sekolah atau bahkan lulus kuliah?

Ngerasa malu kalo lo kerja padahal lo masih duduk di bangku SMA? Kalo gw sih malah bangga ya.. Soalnya dengan kita bekerja itu artinya kita bisa di percaya sama orang lain. Disamping itu, kita juga jadi punya penghasilan sendiri. Bisa untuk uang jajan kita (diluar uang jajan yang di kasih sama ortu) bisa juga untuk biaya sekolah.. Jangan berpikir kalo anak SMA itu kalo kerja cuma jadi loper koran. Why not? Loper koran juga itu pekerjaan yang mulia. Kalo ga ada loper koran, orangtua lo juga gak bakal bisa baca koran di pagi hari. Loper koran juga merupakan pekerjaan yang halal dan terhormat bwt gw. Lo ngerasa malu kalo jadi loper koran? Oke, kalo emang malu kenapa gak lo cari sesuatu yang bisa di jadikan uang dari Skill yang lo punya, bukan dari anggota tubuh lo yang lo jual belikan layaknya wanita murahan di pinggir jalan atau di klub malam?

Ngerasa kalo anak SMA itu gak bisa dapet kerjaan? Oke, emang susah ya cari kerjaan. Jangankan untuk anak SMA yang masih belajar. Untuk lulusan S1 bahkan S2 aja masih merasa sulit untuk mencari pekerjaan. But, yang perlu kita tekankan disini ialah Jika kita ingin berusaha, pasti disitu ada jalan keluarnya As my father said. Gw sadar kalo gw berusaha, pasti jalan itu emang bakal terbuka. Dan gak lupa di tambah dengan ibadah ke yang maha kuasa. Gw yakin banget seyakin yakinnya kalo kita itu bisa mandiri. Kita itu bisa ngebanggain diri sendiri dan orangtua. Kita bisa dapet kerjaan walaupun kira masih duduk di bangku SMA.

Oke, gw buktiin ya.. Gw gak bermaksud sombong.. Tapi ini cuma bwt motifasi dan contoh aja bwt para reader.. Gw di kasih sarana sama bokap.. Pc lengkap dengan jaringan internet.. Awalnya emang gw pake internet cuma bwt buka Facebook lah, Twitter lah, YM lah.. Mentok2 ya cari tutorial mengenai Programming.. Itu palingan yang berguna bwt gw.. Tapi suatu hari gw berpikir “Ada sarana seperti ini kenapa gak di manfaatkan?” Maksud gw itu adalah, mencari uang melalui internet. Lo juga pasti sering baca iklan baris atau denger apa yang namanya e-bussiness atau bisnis online. Kayak MLM, PTC (Pay To Click), PPD (Pay Per Download) atau yang lainnya.. Jujur, pada awalnya gw ikut banyak banget program afiliasi semacam itu. Tapi gw ngerasa program2 semacam itu kurang cocok bwt diri gw. Kenapa? Soalnya program kya gitu gak di kejar sama apa yang di sebut dengan Deadline! Jadi kapanpun lo mau kerja, ya lakuin aja. Dan gw bener2 gak bisa kya gitu. Dan satu2 nya program afiliasi seperti itu yang berhasil gw capai cuma Paypal Wishlist beberapa bulan lalu dan gw berhasil mendapatkan income 60$ dan nilai tsb udah terlalu banyak bwt pemula kya gw.

Terus, kalo gak cocok di program afiliasi sperti itu, apa yang harus di ambil? Oke, sekarang web mengenai lowongan kerja udah mbludak.. Banyak sekali bahkan sampai iklan baris juga banyak yang berisikan mengenai lowongan kerja. Dan akhirnya gw tertuju pada sebuah forum ternama di Indonesia, yaitu Kaskus! Dulunya gw pake kaskus cuma bwt liat2 gambar di Lounge, atau liat2 forum jual beli dan sesekali menawarkan jasa Programming walaupun belum 1 kalipun gw berhasil di jalan itu, tapi akhirnya gw bisa masuk ke subforum Lowongan Kerja. Awalnya pas gw liat di halaman2 pertama, emang cukup membuat gw lemes.. Kenapa? Persyaratan yang di buat itu biasanya untuk lulusan D3 ataupun S1 sedangkan gw masih duduk di bangku SMA.. Bener kata orang ya Semua butuh ketekunan, keyakinan, dan kesabaran. Berkat itu semua, akhirnya gw sampe ke salah satu thread mengenai part time Job untuk Blog Editor. Awalnya gw pikir, ini adalah pekerjaan untuk para webdesigner. Tapi ternyata orang yang membuat thread tsb membutuhkan Co-Writer atau penulis untuk Blog yang ia miliki. Dan gw liat disitu syaratnya ialah Mengerti struktur blog, rajin/aktif di blogging, dan diutamakan memiliki iPhone! Gw cukup kaget ngeliat kalimat terakhir.. iPhone? Dari mana gw bisa punya iPhone? Tapi 2 syarat awal bisa gw penuhi.. Akhirnya gw coba hubungin orang tsb dan orang tsb langsung meminta alamat YM saya untuk melakukan Interview pada malam itu.. Akhirnya gw coba jalanin tahap interview dengan beberapa penjelasan dan struktur dari Blog tsb.. Dan pengumuman akan di umumkan pada tanggal 20 Januari 2010.. Dan pada tanggal tsb, gw takut banget dan menunggu hasil dari pengumuman.. Sampai jam 10 malam gw masih belom dapet hasil dari pengumuman.. Dan pada akhirnya jam setengah 11 malam, gw dapet email dengan subject Congratulation! dan gw mulai cengar cengir sambil ngebaca hasil pengumuman itu.. Dan gw diterima sebagai Co-Writer di Blog tsb dan harus segera menandatangani surat kontrak kerja dengan orang tsb.. Gw cukup kaget, heran dan terharu.. Gw gak percaya kalo gw bisa dapet pekerjaan itu.. Mungkin tuhan mendengar doa gw.. Tapi ya inilah hidup.. Keras bagai batu, tapi kalo lo bisa jadi air yang menetes di batu itu, maka batu pun akan luluh dan mulai berlubang. Apa maksudnya? Ya lo mesti berusaha. Gak cuma duduk diem dan ngandelin kekayaan orangtua demi masa depan lo.. Dan dari segala pengalaman yang udah gw rasain, akhirnya sekarang gw tau kalo cari uang itu emang susah.. Yang namanya begadang mungkin udah jadi makanan sehari2..

So, inti dari post gw kali ini ialah.. Bwt lo yang ngerasa kehidupannya standar2 aja kya gw gini, coba deh untuk hidup lebih mandiri.. Coba untuk tidak bermanja2 sama orangtua dan gak bergantung sama orangtua.. Coba dapetin apa yang lo mau dari hasil jerih payah lo itu sendiri.. Sekecil atau semurah apapun barang yang lo beli dari hasil jerih payah lo itu memliki kepuasan sendiri bwt lo.. Dan gw yakin lo bakal lebih sayang sama barang2 itu di banding lo di kasih barang itu dari orangtua lo.. Gw udah buktiin sendiri dan gw udah ngerasain..

Sebenernya gak pantes juga gw post hal ini disini. Karena ini sedikit membahas masalah pribadi.. Tapi gw pikir ini bagus bwt psikologi anak muda semacam gw.. Dan juga sebagai motifasi utk kalian.. So, mulailah untuk hidup mandiri.. Dan jangan lupa utk menanamkan dan mengingat ingat segala yang gw tulis di atas.. Terutama yang gw cetak tebel alias Bold.. Itu bisa jadi motifasi bwt diri lo..πŸ™‚


2 Comments so far
Leave a comment

TWO THUMBS buat post lo ini ganπŸ˜€
setuju gue dengan kata kata lo itu semua. ga perlu kita yg selalu iktin perkembangan jaman, pake bb lah , behel lah , mobil lah. atau apa gt.
kita pny kebatasan sdiri. biar keliatan gaul gt? hahaa. gaul gak perlu dgn cara beli barang barang kaya gt. kalo gaul ilmu , gue baru salut :DD

Comment by tikaaaa

thank you so much..πŸ™‚
Iya emang bener tik.. Gw jadi rada miris ngeliat anak muda jaman sekarang.. Tapi kalo gw pikir2 lagi, makin banyak anak muda kya gitu, berarti semakin banyak lapangan kerja yang terbuka bwt orang2 kya kita gini..πŸ˜€
ngerti kan ya maksud gw.. hahaha
maaf ya anak muda jaman sekarang :p

Comment by erdhee




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: