I'm Just A Kids


Planning Beberapa Tahun Mendatang
January 12, 2010, 1:59 pm
Filed under: Something Stupid Today

Setelah beberapa hari melewatkan hari dengan sedikit keseriusan (gw serius juga pasti ada ngakak2 nya), akhirnya sekarang gw bisa post sesuatu yang bodoh lagi. Kali ini gw pengen bahas planning gw beberapa tahun yang akan datang. Semoga terwujud. Amin..

Kenapa gw bilang post ini bodoh? Buat sebagian orang mungkin ini terdengar biasa saja malah bakan terlalu futuristik (kya iklan motor itu). Ya, menurut penilaian gw ke anak muda jaman sekarang (maklum, gw udah terlalu tua untuk di bilang anak muda) itu dikit banget yang memikirkan kehidupannya dalam jangka panjang. Jadi mereka lebih menikmati masa2 sekarang ketika muda dan tidak memikirkan masa depannya sama sekali. Mungkin singkatnya itu mereka lebih senang menjalankan apa yang ada di depan mata di banding memikirikan jauh kedepannya akan seperti apa. Jadi gak ada plan A to Z..

Sering banget gw coba tanya sama temen2 gw dengan pertanyaan kya “Lo mau kuliah mana nanti?” ato “Nanti pas udah lulus, mau kuliah ape langsung kerja lo pada?” Dan jawaban yang paling sering gw terima itu “Gak tau dah mao kuliah mane” ato “Kalo ada duit ya kuliah kalo g ada ya cari kerja, ya kalo g ada yang nerima kerja ya nganggur” *GUBRAK!

Kalo buat gw pribadi sih, planning kedepan itu penting ya. Soalnya itu yang nentuin masa depan lo bakal ke arah mana. Sekarang coba dipikirin deh kalo misalnya lo cuma ngejalanin hari2 lo begitu aja tanpa ada pemikiran kedepannya kya gimana, nah masa depan lo mau kearah mana? (ribet kan tuh bahasa gw jadinya, ya pokoknyah begitu lah)

Si plankton aja punya planning kan dan pas di film Sponge Bob The Movie aja dy pake Plan Z yang akhirnya berhasil di jalanin (walaupun akhirnya gagal2 juga).. Lah, kok jadi bahas Sponge Bob? Itu cuma sekedar contoh aja kalo ada yang gak tau artinya planning itu apa.. Hehe..

Oke, kembali ke pembahasan deh.. Misalnya kya temen gw tadi yang bilang “kalo ada duit ya kuliah, kalo ga ada ya kerja, kalo ga di terima ya nganggur”. Sebenernya ini 100% pemikiran yang terbilang bodoh. Sangat bodoh malah menurut gw. Kenapa?

Ok, kita bahas satu2 deh biar gak ribet. Mulai dari kata “kalo ada duit ya kuliah”.. Ya, sekarang ini emang segalanya pake duit. Mo pipis aja pake duit kan apalagi kuliah. Sekarang orangtua juga pasti ngusahain yang terbaik bwt anaknya kan (kecuali orangtua yang gak bertanggung jawab). Kalo gak diusahain ya gak bakal nongol itu duit. Mau sujud2 depan pohon juga gak bakal ada kalo ga ada usaha mah. Oiya, gak lupa di selingi sama doa. Jadi sebenernya ga ada alesan untuk ga ada duit buat kuliah. Duit mungkin aja kan pinjem dulu ato gimana kek. Masalahnya ini adalah masa depan. Kalo cuma karna masalah keuangan yang taroannya adalah masa depan itu merupakan hal sangat bodoh yang bakal terjadi.

Next, kalimat selanjutnya adalah “kalo ga ada uang ya coba cari kerja.” Oke fine, kalo emang udah di usahain itu duit kuliah tapi gak dapet2 juga (yang sebenernya pasti bisa dapet kalo emang mau usaha keras), yaudah coba cari kerja. Tapi coba ya dipikirin lagi. Sekarang emang deh gw anak SMK yang nanti pas lulus bisa langsung kerja yang beda sama anak SMA. Kalo SMA itu setau gw kalo mau kerja itu butuh jenjang pendidikan lanjutan alias kuliah ato dengan les gitu lah misalnya sekretaris gitu. Tapi coba ya pikirin, di sebuah kota di jakarta yang dikenal dengan “Kota Pelajar” aja banyak banget (mungkin gak banget2 ya) lulusan sarjana S1 yang pada akhirnya jadi tukang ojek, tukang becak, dll (maaf, gw bukan merendahkan profesi spt itu, ini hanya contoh bahwa cari kerja itu susah!). Jangankan di kota lain, coba tengok Ibukota kita “Jakarta”, gw pernah tau kalo ada Supir Taxi yang pendidikan terakhirnya itu adalah S2.. Coba bayangin deh.. S2 jadi supir taxi.. Nah ini lulusan SMK mau jadi apa? Oke kalo emang ada yang terima kerja misalnya jadi Kasir (bukan kusir loh! Dezig!), ato yang lebih bagus deh.. Karyawan di suatu perusahaan untuk bagian marketing (nah gini kan enak lebih tinggi jabatannya,.) Oke sekarang mau berapa tahun lo kerja jadi karyawan begitu?
Sbenernya gw juga tadinya mikir kalo udah lulus SMK gw pengen langsung kerja, entah kerja apa liat nanti (Pemikiran dulu loh, lain sama skarang..) Tapi gw punya Om yang kasih nasihat ke gw. Dan beliau berkata “Skarang lo liat gw deh, gw lulusan S1 skarang kerja di bank udah ampir 5 th tapi jabatan gw gak naek2.. Gimana lo nanti yang cuma gelar anak SMK? Sekarang oke deh kalo misalnya dari hasil kerja lo itu lo bisa ngehidupin diri lo sendiri. Tapi apa lo gak mau nikah nanti? Lo gak mau punya anak? Nah, duit dari mana coba buat ngehidupin anak sama istri lo? Makin lama kedepannya kebutuhan lo itu bakal makin banyak sedangkan penghasilan lo selalu tetap.” Gw bener2 langsung berputar 180derajat (Kagak tau lambang derajat kya gimana). Gw langsung bertekad kalo gw harus ampe kuliah dan kalo bisa lebih dari S1 (gak tau juga otak gw kuat apa kagak sih –“) Jadi intinya, yang namanya kerja jaman sekarang itu bukan di liat dari skill lo.. Mau lo pinter se pinter apa juga kalo emang gelar lo rendah, ga jadi apa2 lo nanti. Dan gw pernah denger2 ya katanya kalo skarang perusahaan itu lebih ngeliat ke asal tempat dy kuliah (univ nya yang di liat). Gak usah pake contohlah.. Nanti di cekam lagi blog gw haha..

Lanjut ke kalimat selanjutnya yang berbunyi “kalo gak di terima ya nganggur” Nah ini baru memulai kebodohan yang sempurna. Kalo ujung2nya nganggur, ngapain sekolah capek2.. Capek2 tiap ulangan bikin contekkan (gw pengen bilang tiap ulangan belajar, tapi itu kyanya udah gak mungkin bwt anak jaman sekarang).. Udah gitu buang2 duit orangtua (kalo gw jadi orangtuanya mending duitnya bakal inpestasi dah *pake P, jadi Inpestasi). Udahlah, males gw kalo udah bahas kebodohan yang terlalu sempurna juga.. Haha.. Kalo kata guru kewirausahaan gw sih, nganggur = cuma ngabisin jatah beras dirumah –”

Kalo menurut gw ya, bwt anak2 muda jaman sekarang ayolah bikin planning kedepan. Karena yang menentukan itu ya planning2 lo dari skarang ini.. Jadi biar lo punya persiapan kedepan seandainya lo gak mencapai target A, lo punya target B.. Kalo B gak kesampean juga, jalanin target C, dst.. Masih gak ngerti? Gw coba kasih contoh ya sekalian sharing planning gw kedepannya kya gimana (dimulai setelah gw lulus aje nih, kalo planning gw sebenernya dari lulus SMP –“)

Oke ini yang pertama setelah lulus SMK gw masuk Univ dan ambil jurusan TI (tepatnya ambil programming Mobile. Kalo gak dapet ya ambil Software Engineer). Untuk tahap pertama ini menurut gw harus gw dapetin gimanapun caranya. Soalnya langkah awal untuk kedepannya itu mulai dari kuliah.

Lanjut, sekarang kalo udah kuliah, apa kebutuhan gak bertambah sedangkan ortu juga pasti ngasih duit itu pas2an (kalo yang emang anak orang tajir, lain hal ya. Disini gw bahas emang kehidupan gw. Jadi curhat kan tuh.) Jadi ya mau gak mau mungkin harus cari penghasilan sendiri, itung2 bwt uang jajan sama bensin si “Sand Storm” lah.. Planning gw sih nanti pas kuliah mungkin gw sambil cari2 sekolah yang butuh guru komputer, ato emang ada tempat les khusus di bidang programming/design gw coba masuk deh. Kalo emang itu gak tembus, gw coba pampangin tampang bodoh gw ke agency, sapa tau kan tampang bodoh gw nongol di tipi. Biarpun cuma jadi orang lewat itu juga gpp. Yang penting di bayar. Sekarang uang itu kan merupakan kebutuhan bwt semua orang. Haha.

Lanjut setelah lulus kuliah S1 di jakarta. Nikah? GAK2.. Nanti dulu, ada keinginan gw yang belom kesampean. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, mungkin kalo bokap gw mampu bwt biayain gw lanjut kuliah, gw mau kuliah di Jepang dengan jurusan dan bidang yang sama. Yaitu TI. Kalo gak mampu? Oke gw cari kerja dulu di jakarta. Sambil cari2 kerja di jepang juga. Kalo emang ada kerjaan yang meyakinkan di jepang, gw cabut kesana..

Setelah kuliah sambil kerja di jepang (soalnya gak mungkin kalo gw kuliah di jepang gak sambil kerja, masalahnya biaya idup di jepang gak bakal cukup kalo gak ditutup sama hasil kerja). Mungkin gw bakal cari kerja di jepang dulu. Kalo emang kira2 udah bisa ngebiayain ortu gw bwt menunaikan ibadah Haji, gw coba bwt kirim beliau2 untuk menunaikan ibadah tsb. Kalo emang terlalu betah di jepang, ya mungkin setelah ortu gw haji, gw bakal bawa beliau ke jepang dan tinggal disana. Gak lupa calon istri angkut juga ke jepang. Hahaha.. (cinta bener sama jepang perasaan, negara asal lahir mau di kemanain?)

Kalo emang gak begitu, ya gw balik ke Indo. Setelah balik ke indo ya gw coba cari perusahaan yang sesuai dengan bidang gw dan kerja di sana. Sukur2 sih gw bisa ngebangun perusahaan gw sendiri. Biar gak ada kata “Dipecat!”

Gimana2? Udah cukup ngerti kan ya sama yang namanya Planning itu? Gimana sama lo sendiri? Lo udah punya planning kedepan? Kalo udah, share juga dong planning lo kedepan.. Tulis di comment aja yaa..πŸ™‚


7 Comments so far
Leave a comment

I like it..
Setelah gw baca tentang catt ini ,gw jg merasa dlu gw bodoh sblm gw lulus,gw jg pgn sbnrny untk kul,dan d lnjutkn kerja d bdg web prog,kalo gk nyampe web design jg gpp lah!..
Thanx gan,catt lu ini mmbuat gw sadar akan tndkan bodoh gw sblmny.

Comment by andrie

yang udah berlalu yaudah gan jangan diliat2 lagi..
tatap kedepan aja gan.. jauh kedepan jangan cuma ngejalanin yang sekarang dan ngeliat yang udah ketinggalan di belakang..
Good luck gan..πŸ™‚

Comment by erdhee

Lovely, lovely, lovely… b^^d

Tp knp pake bawa2 “kasir” ya? jd tersungging neh gw…”-_-

Comment by mpeep

wahahaha.. jabatan lo udah tinggi kali.. BKB (bukan kasir biasa –” )

Comment by erdhee

i like it….
seneng Bisa Baca Planing Lo GAn,. gw jg punya plan Berangkatin ORtu Ketanah Suci…Tp KejepangNya ntar dulu, gw Lom ada Planing, secara gw lagi nyari tempat Kuliah yang Biayanya bisa gw jangkAu,. Coz Ortu ga’ mungkin lagi ngebiayain gw……hehe. *(pasang Muka Melas)

Comment by aries

wow.. salut.. ternyata banyak juga yah yang kepengen berangkatin ortu haji ke tanah suci.. soalnya anak2 jaman sekarang setau gw lebih suka foya2 gan.. hehe..
yah, ane juga gitu gan.. tapi yang namanya cita2 dan keinginan toh kedepannya gak ada yang tau kan.. sapa tau kan ada pak presiden dateng kerumah gw terus ngasih biaya bakal ke jepang kan.. hahaha..

Comment by erdhee

sama! planningnya aku juga abis lulus smp ini mau smk aja jurusan IT trus abis lulus kerja sambil kuliah, setelah kuliah pengen lanjutin lagi kalo bsa pengen dpat beasiswa lnjut di New York smbil krja tentunya . dan klo dah itu dan berhasil tinggal dsana cri suami dsana yg kya tentunya and than naikin hji ortu. the end.

Comment by rani




Leave a Reply

