I'm Just A Kids


Cara mudah membasmi Virus
December 28, 2009, 7:03 am
Filed under: For Your Info

Kalo kata petinggi kaskus yang memiliki kata bijak dan gw bener2 setuju sama kata2 bijak tsb yang berbunyi “Kalo udah tau jangan belagu, Kalo belom tau jangan sok tau!”.

Yap, mungkin post gw kali ini repost atau udah pernah di bahas di blog lain,. Tp gw pake cara ini bwt basmi virus yang dateng gak pake permisi ke komputer gw itu (jujur) gw coba2 sendiri dan terkadang hal ini berhasil (biarpun terkadang ujung2 nya mesti re-install windows juga).

Sebelum nya lo mesti tau dulu default startup dari windows yang ada di tab process di task manager itu biasanya ada kurang lebih 30 process yang berjalan atas nama System, Local service, User, dan Network service. Hal pertama yang mesti lo tau itu nama Process si virus. Misal Svchost.exe. Svchost ini merupakan image name (atau process name)  yang biasa di jalankan atas nama network, system, dan local. Namun ada virus yang dibuat dengan nama spt itu untuk mngecoh, lalu bagaimana selanjutnya?

Begini aja logika sederhananya. Ada seorang nenek2 tinggal dirumah yang kumuh dan ia hidup sebatang kara (sendirian). Setiap hari ia pergi untuk mencari kayu bakar, dan ia sangat membenci tikus. Suatu hari ternyata dirumahnya ada tikus yang membuatnya risih bahkan terganggu. Setiap ia datang kerumahnya, ia selalu di kagetkan dengan suara decit tikus tsb. Ia mencari cara bagaimana agar si tikus ini musnah dari rumahnya dan jangan sampai si tikus ini berkembang biak yang nantinya akan menghasilkan tikus2 baru. Akhirnya si nenek menyiapkan sapu, dan akhirnya si nenek memberanikan diri untuk mencari si tikus. Dan akhirnya si nenek menemukan tikus tsb, lalu nenek memukul tikus tsb dan akhirnya tikus tsb mati, dan di buanglah tikus tsb.

Oke, dari logika di atas, gw bakal jelasin satu persatu..
Si nenek itu adalah user comp alias pengguna komputer, bisa juga di bilang korban yang kena virus.
Rumah nenek ialah PC yang di gunakan oleh User.
Tikus ialah virus yang masuk kedalam komputer user.
Kejadian si nenek masuk kerumah dan di ganggu oleh tikus itu ialah ketika User membuka komp dan melalui proses startup di mana virus akan memulai proses penyebaran dan infeksi.
Proses mencari tikus dan membunuhnya itu di mana user menggunakan application killer dan mematikkannya melalui startup.

Kalo udah bisa di bayangin semua ilustrasi di atas, baru sekarang gw jelasin gimana bwt ngebasmi nya (Inget, gak selalu berhasil. Kadang si tikus lebih licik.)

Ini cuma sekedar contoh yaa.. Misalnya nama Virusnya itu Receh.exe dan pada startup di beri nama Dollar.exe (soalnya kalo berbau duit pada gampang nih masuk ke otak nya..)

Oke, sekarang anggaplah komp udah terinfeksi virus Receh.exe. Lalu langkah pertama yang perlu di lakukan? Ya, buka task manager (Ctrl + Alt + Del) lalu masuk ke tab process (Kenapa process? Karena di tab ini semua tidak dapat di sembunyikan, lain halnya dengan applications. Di tab applications smua bisa di hidden.) . Setelah masuk pada tab process, cari Image name dengan nama Receh.exe, lalu klik “End Process” (Biarpun sekarang lebih banyak virus yang menggunakan lebih dari 1 pemicu untuk mengaktifkan virus itu kembali, namun hal itu tidak akan di bahas disini. Karena hal tsb sudah masuk ke tingkat advance untuk membunuhnya dan gw belom bisa. Hehehe.)
Oke, setelah Receh.exe itu sudah mati di process maka langkah selanjutnya ialah membunuhnya melalui Startup. Bagaimana caranya? Klik start -> Run -> Ketik Msconfig . Setelah terbuka layar System Configuration, maka masuk ke tab Startup. Lalu cari nama Dollar.exe (sesuai dengan contoh, startup name disini di beri nama Dollar.exe), Hilangkan tanda centang (√) yang ada, lalu klik OK.. Maka nanti akan ada perintah untuk merestart system.. Lalu restart komputer.. Dan *Taraaa!*, virus tsb mati seketika..

Sebenernya masih banyak cara untuk membasminya.. Seperti kata pepatah “Many ways to ROMA” . Bisa mematikkannya melalui Save mode, mengatur ulang regedit, dan yang paling ampuh ialah Install Ulang Windows.. Gw pernah dapet saran dari virus maker/ AV maker yaitu memasang 2 buah OS (Operating System/Distro) yang berbeda pada 1 PC.. Mengapa? Karena ketika Windows terkena virus dan kita menjalankan komp pada OS Linux, maka virus tsb tidak akan berjalan di linux. Dan kita bisa menyelamatkan berbagai data dan menghapus virus tersebut hanya dengan Single Press (Press Delete, lol)..


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: